5 Villains Terbaik Marvel Cinematic Universe

Villain adalah elemen pendukung yang sangat berpengaruh dalam cerita. Villain merupakan tipe karakter jahat yang biasanya dibuat untuk menjadi musuh dari hero, sang karakter utama. Villain dan antagonis adalah dua frasa yang berbeda. Villain sudah pasti jahat sedangkan antagonis merupakan karakter yang menentang tokoh utama dan belum tentu jahat.

Dalam film-filmnya, Marvel Studios tidak selalu berhasil untuk membuat villain yang bagus dan tidak terlupakan. Namun ada juga villain yang memiliki karakteristik bagus, motif yang tidak biasa sehingga membuat penonton menyukainya bahkan bisa melebihi superheronya.

Kali ini aku ingin membuat list 5 karakter villains terbaik yang hadir dalam film-film Marvel Cinematic Universe berdasarkan pendapat pribadiku. List ini kubuat berdasarkan develepment karakternya, bukan dari segi kekuatannya (warning!).

5. Vulture / Adrian Tommes (Spider-man Homecoming)

Vulture dijadilkan pilihan untuk menjadi musuh utama dari Peter Parker di film Spider-man Homecoming. Vulture mengumpulkan sampah sisa-sisa pertarungan The Avengers dan menjadikannya senjata untuk dijual secara ilegal bersama beberapa rekannya. Mereka melakukan jual beli secara tersembunyi sehingga aman dari FBI.

Di sisi lain Vulture adalah ayah dari Liz, gadis yang disukai oleh Peter. Beban Peter semakin berat setelah suit spider-nya diambil kembali oleh Tony Stark. Sehingga ia harus melawan Vulture yang juga bisa terbang dengan segala keterbatasannya.

Vulture adalah tipikal villain yang pada dasarnya adalah manusia biasa. Ia tidak punya tujuan besar seperti menguasai dunia. Ia hanyalah orang yang mencari nafkah untuk membahagiakannya. Ia hanya orang yang kesal dengan kerja pemerintah yang tidak memperhatikan rakyat kecil. Hal ini menjadikan kita merasa empati dengannya karena memang kenyataan yang dekat dengan kita.

4. James “Bucky” Barnes / The Winter Soldier (Captain America : The Winter Soldier)

Bucky adalah sahabat dari Steve Rodgers yang jatuh ke jurang saat berjuang bersama di film pertaima Captain America, The First Avenger. Bucky berhasil diselamatkan dan berubah menjadi Winter Soldier. Pikirannya dicuci oleh Hydra dan menjadi musuh Steve Rodgers di Winter Soldier.

Rasa sayang Steve kepada Bucky membuatnya tidak bisa sepenuhnya bertarung dengan Bucky. Ia harus mencari cara untuk membuat Bucky kembali mengingatnya. Hadirnya Bucky menjadikan film ini semakin solid dan salah satu karya terbiak Marvel Studios sejauh ini.

3. Erik Killmonger (Black Panther)

 
Killmonger disebut-sebut sebagai villain superhero terbaik paska Joker di The Dark Knight. Killmonger merupakan anak dari paman T’Challa yang harus menerima realita bahwa ayahnya dibunuh karena membahayakan Wakanda karena menyebarkan Vibranium ke dunia luar. Hal ini terjadi ketika ia masih kecil.

Setelah dewasa Killmonger kembali ke Wakanda untuk merebut tahta kerajaan dari T’Challa. Ia memiliki visi untuk membantu dunia luar dengan segala kekuatan yang dimiliki Wakanda. Hal ini berlainan dengan kayakinan T’Challa yang meneruskan visi ayahnya untuk menutup Wakanda dari dunia luar.

Killmonger tidak datang hanya karena ingin membalas dendam atas kematian ayahnya. Ia ingin melakukan revolusi terhadap Wakanda. Ia memiliki motif yang jelas sebagai seorang penjahat. Meski pada akhirnya kalah dari T’Challa, ideologinya tetap berpnegaruh terhadap keputusan T’Challa.

2. Loki “God of Lies and Mischief” (Thor, The Avengers)

Loki adalah anak angkat Odin dan merupakan keturunan dari Jotun yang suka mengacau dan tipu muslihat. Ia adalah saudara dari Thor. Loki adalah karakter yang selalu iri dengan Thor. DI film Thor ia bermaksud untuk merebut tahta kerajaan yang akan diwarisi oleh Thor.

Di film The Avengers, Loki bekerjasama dengan Chitauri untuk menyerang bumi. Ia bertujuan untuk mengambil Tesseract. Ia juga mempengaruhi Hawkeye dan Dr. Erik Selvig untuk membantunya. Hal ini membuat Nick Fury membentuk The Avengers untuk melawannya.

Loki adalah karakter yang sangat kompleks. Kita tidak pernah apa yang akan ia lakukan. Terkadang ia bisa menjadi baik dan bisa kembali menjadi jahat kapanpun ia mau. Sesuai julukannya, ia adalah karakter yang sangat licik. Ia berhasil menjadi hero di Infinity War dalam waktu yang singkat sebelum akhirnya ia mati di tangan Thanos.

1. Thanos (Avengers Infinity War)

Thanos mulai beraksi pada sekel ketiga The Avengers untuk mengumpulkan enam Infinity Stone dengan gauntletnya. Ia bertujuan untuk menyeimbangkan alam semesta dengan menghancurkan setengah dari populasi makhluk hidup. Bersama pasukannya ia membuat para superheroes bersatu untuk menghadapinya.

Thanos bisa dikatakan sebagai villai terkuat dari film-film Marvel. Ia memiliki kekuatan yang sangat besar yang tidak bisa ditandingi.  Bahkan ia membuat Hulk sangat takut sampai tidak mau keluar dari tubuh Bruce Banner. Kekejaman yang dilakukan Thanos sebenarnya memiliki landasan yang jelas. Ia memiliki tujuan yang baik walaupun cara yang ia lakukan salah.

Thanos memiliki rasa empati terhadap setiap orang yang menentangnya. Hal ini bisa kita lihat di adegan dimana ia memberikan respect kepada Tony Stark dan Scarlet Witch. Demi mencappai tujuannya, ia rela menahan pedih unyuk mrengorbankan Gamora yang sangat disayanginya demi Soul Stone. Sebenarnya Thanos adalah karakter Protagonis di Infinity War karena ia memiliki screeen time dua kali yang lebih banyak dari super heroes kita.

Itulah 5 villain terbaik dari film-film MCU menurutku. Apakah kamu setuju dengan list yang kubuat atau kamu punya pendapatmu sendiri? Silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Komentar

Postingan Populer